Bumbu Dasar

Postingan hari ini resep bumbu dasar yang menurut saya jadi bertumbuh. 

Alasannya karena masak itu sebagai suatu keharusan, tapi waktunya harus efisien. Selain masaknya buat malam yang di makan malam itu juga prepare masakan buat bekal bocah dan saya. Banyak pertimbangan yang mewajibkan sat set dalam hari-harian.

Selanjutnya yaitu kebiasaan mempercepat waktu masak dengan bumbu jadi. Mau merk apa aja selalu ada di kontainer dapur saya. Di lihat-lihat sampah yang saya kirimkan sekitar 20% dari bumbu masakan. Dan kalau membaca dari para suhu, kemasannya itu susah buat di daur ulang.

Memutuskan untuk belajar "lebih sayang" pada bumi yaitu mengurangi penggunaan bumbu jadi, tapi buat bumbu setiap mau masak rasanya ku mengsedih.

Berkat si ahli masak, intip cookpad ada deh resep bumbu dasar. Bumbu dasar ini ada 3 macam, yaitu bumbu putih, bumbu kuning dan bumbu merah.

Pertama kali buat langsung deh bikin 3 macam bumbu ini. Hasilnya, capekkkkk.... Oh ya cerita sedikit alasan ga beli bumbu jadi yang racikan di pasar, selain emang mau belajar, bumbu pasar seringnya keasinan dan lagi mikir sepertinya ada harga yang cukup tinggi. Walaupun tetap saja buat bumbu kali ini belum hitung estimasi biayanya.

Intinya jadi dulu dan cukup enaklah.

Saya akan menggunakan bumbu merah untuk buat nasi goreng (campur bumbu putih), balado kentang, balado telur, sama tumis sayuran yang sedikit pedas. 

Bumbu putih akan saya gunakan untuk campuran bumbu nasi goreng, mie dan bihun goreng, sayur lodeh, bobor bayam dan sup, juga orek tempe.

Kalau bumbu kuning pasti buat ayam ungkap, tahu dan tempe ungkep dan opor ayam.

Nah kalau kamu bakal pakai bumbu dasar buat masak apa?

Oh ya, saran dari para ahli bumbu dasar ini masukkan di  toples kaca jangan toples plastik, agar tidak berbau. Lama penyimpanan sekitar 2 bulan, tapi kalau di frezer bisa 6 bulan (katanya). Dan saya belum coba 😀

Langsung ke resep ya.....

Putih 

Hasil +/- 200 ml

85 gr Bawang Merah

35 gr Bawang Putih

15 gr Kemiri Sangrai

1 cm Lengkuas

1 sdt Garam (kurangi sedikit)

1 sdt Gula Pasir

75 ml Minyak Goreng


Merah

Hasil +/- 300 ml

70 gr Cabe Merah Besar

50 gr Cabe Keriting

30 gr Bawang Merah

15 gr Bawang Putih

30 gr Tomat

30 gr Gula

10 gr Garam

75 ml Minyak Goreng


Kuning 

Hasil +/- 350 ml

170 gr Bawang Merah

50 gr Bawang Putih

30 gr Kemiri Sangrai

15 gr Kunyit 

10 gr Jahe

10 gr Lengkuas

1/3 sdm Lada

1 sdt garam 

1 sdt gula pasir

75 ml minyak goreng


Cara buat :

1. Cuci bahan-bahan seperti bawang merah dan bawang putih, kunyit serta jahe. Hal ini untuk menjaga kebersihan, dengan bersih bumbu dasar menjadi lebih tahan lama.

2. Setelahnya blender hingga halus dan di goreng tanpa perlu tambahan minyak, karena sudah ada minyaknya.

3. Setelah dingin masukkan dalam toples kaca, jangan toples plastik, agar terjaga rasanya. Ga bau toples.

Ayo masak mudah, sayang lingkungan. Dan pesannya ga usah beli toples, pakai aja toples bekas hampers atau toples bekas selai.

Sebagai catatan ketika di post ini udah kali kedua saya buat bumbu dasar, repeat buat gitu yah. 




Komentar