Dari Bekasi Ke ITC Roxy Mas

Hari ini saya ada keperluan ke Roxy. Tepatnya ITC Roxy Mas, tempat segala handphone ada ya. Dari handphone nokia sampai handphone china yang katanya murah, tapi fasilitasnya keren abis. Oh eh, kenapa cerita tentang handphone, kan saya ga gape (jago). Karena hari ini si Karin mau naik kereta ke Roxy-nya. Jadi akan cerita sekitaran kendaraan yang digunakan agar sampai ke ITC Roxy Mas.

Intinya ke stasiun terdekat dong yah. Jangan lupa beli kartu berjamin dulu kalau ga punya e-money mandiri atau flazz BCA atau apa aja yang bisa buat naik kereta alias commuter. Commuter udah pada paham ya, kereta jabodetabek yang pakai Air Conditioner (AC) . Ga mahal dari bekasi saya pilih ke kota, menurut petunjuk orang-orang yang paham cara mudah ke Roxy pakai angkutan umum. Cukup Rp. 3.000, diluar kartu berjamin yang Rp. 10.000 ya saudara-saudara sebangsa dan setanah air. 

Turun di stasiun kota tanpa hambatan dan sama sekali ga di tahan keretanya maka cuma memerlukan waktu 1 jam. Plus ga capek, karena keretanya kosong, meski berdiri juga sampe Stasiun Jatinegara. Itu berangkat pukul 11.30 dari Bekasi. 

Sampai Stasiun Keluar dan bingung naik apa, karena ada segala beko tepat di depan stasiun. Mungkin mau dibuat MRT (maaf saya sok paham, hihi). Hal yang saya lakukan adalah cari polisi lalu lintas. Saya temukan polisi setelah menyebrang jalan dari stasiun Kota. 

Dapatlah petunjuk dari Bapak polisi yang pakai baju coklat, kalo baju hijau sepertinya itu Bapak Hansip ya :) Saya harus melanjutkan perjalanan saya ke Roxy menaiki Mikrolet M 08 jurusan Tanah Abang-Senen, kemudian saya turun di lampu merah Jalan Gajah Mada, dengan ongkos Rp. 4000,  setelah itu saya naik P12 jurusan Senen-Kalideres yang ke arah Kalideres pastinya, turun pas di depan ITC Roxy Mas dengan tarif Rp. 4000. Naik 2 kendaraan itu saya perlu waktu hanya sekitar 30 menit.

Sedangkan urusan saya di ITC Roxy Mas itu cuma perlu waktu 20 menit. Pakai ketawa 2 menit dulu lah yaaaaa :)

Pulangnya masih siang ya, kalau cepat sampai rumah nanti kalah sama bencong. Maksudnya cepat banget kaya supermen terbang trus nyampe. Maka arah pulang saya mencoba jalan kaki menyusuri jalan arah bis datang, tanpa menyebrang sambil baca marka jalan. Jalan kaki kecepatan pelan cuma 20 menit.  Ada tulisan arah tanah abang, cideng, duta merlin. Dan kali ini saya memutuskan untuk ke arah tanah abang, mau naik keretanya dari Stasiun Tanah abang. Di perempatan Cideng, saya menemukan Mikrolet M 5, jurusan Tanah Abang-Jembatan Lima yang ke arah Tanah abang. Mikrolet itu lewat cideng timur, di fly over tanah abang naik keatas, kemudian lewat persis di depan stasiun Tanah Abang. Waktu yang diperlukan dari cideng ke tanah abang ga lebih dari 15 menit, dengan ongkos Rp.5.000. 

Sekarang saya beli tiket hanya sampai Stasiun Klender Baru, mau ke Rumah Sakit Islam Pondok Kopi Jakarta Timur, dan harga tiketnya Rp, 2500. Dan kali ini harus transit di stasiun Manggarai kemudian lanjut kereta yang kearah Bekasi. Perjalanan kereta ini sekitar  50 menit, karena kereta ke Bekasi belum tersedia di Manggarai. Turun dari kereta ke arah Rumah Sakit Islam bisa jalan kaki, cukup menyebrang jalan ke arah perumahan pondok kopi sekitar 8 menit saja.

Itulah catatan perjalanan hari ini. Bekasi ke ITC Roxy Mas, kemudian ITC Roxy Mas ke Rumah Sakit Islam Pondok Kopi, Jakarta Timur.

Mudah-mudahan ada gunanya catatan singkat ini. Pakai kendaraan umum cepat, ga pakai pusing dan mengurangi polusi udara.


=============================

Ada saran lain, bisa juga naik commuter kemudian turun di Stasiun Juanda. Menyeberang lewat tangga penyeberangan lanjut naik busway yang rute ke kalideres, turun di halte busway Sumber Waras.
Estimasi waktu 15 menit di busway lanjut jalan kaki sekitar 600 meter balik ke arah Roxy Mas. Tarif busway masih Rp. 3.500.
Pilihan ini seru dan cukup murah selain kelebihannya cepat, karena jalur busway tidak memutar.

==============================

Jalan lainnya bisa juga naik bis P12 dari stasiun Sawah besar, pilihan ini bisa digunakan kalau kamu tidak punya e-money atau flazz atau uang elektronik lainnya yang harus digunakan bila naik busway.
Hingga saat ini commuterline ada kartu harian berjamin, tapi untuk busway tak ada pilihan kecuali punya uang elektronik.
Kalau naik P12, kamu ga perlu jalan kaki karena bus ini akan berhenti di Roxy Mas atau sembarang tempat lainnya.
Tarif P12 adalah Rp. 4.000, estimasi dari stasiun Juanda ke Roxy Mas 30 menit, karena melalui Cideng, Hayam Wuruk dan Jalan Gajah Mada.


===============================

Buat yang doyan naik Commuterline, pilihan turun di Stasiun Duri paling enak. Murah karena tiket yang lanjutan terus. Jadi biaya commuterline dari Bekasi ke Duri hanya Rp. 3.000, adem pakai Air Conditioner.
Caranya, dari bekasi kemudian turun di Stasiun Manggarai. Lanjut commuterline yang ke arah Tanah Abang dan berakhir di Duri.
Dari Stasiun Duri jalan kearah kanan peron sekitar 500 meter sudah sampai ITC Roxy Mas. Sebagai informasi, dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Duri hanya melewati 3 stasiun, yaitu Stasiun Sudirman, Karet dan Tanah Abang.
Dari Stasiun Bekasi ke Stasiun Duri bila kereta menyambung terus alias ada di stasiun Manggarai hanya memerlukan waktu 60 menit saja.

Ayo jangan kuatir pergi ke ITC Roxy dari Bekasi sesuai yang kamu mau :-)

Komentar

  1. tulisan bekasi - ITC roxy masnya berguna nih ane besok mau ke roxy masalah sama hp juga huhuh untung ada artikel ini tp ane juga mau nanya pakpol ah biar seru kaya agan kayanya seru.. jadi walau tau ttp nanya buat sensasi aja haha

    BalasHapus
  2. Kak Reii Corner ... ada lah yang lebih gampang lagi, naik kereta turun di Stasiun Juanda, lanjut naik busway yang ke kalideres, cuma 4 halte kalo ga salah, tapi jangan jalan kaki ya, jauh2. Turun di sumber waras balik arah jalan kaki ke roxy ga jauh kok, paling 10 menit :-)

    BalasHapus

Posting Komentar