Hidup Tanpa Resolusi di Tahun 2024

Tanpa disadari, bulan Januari sudah di jalani lebih dari sepertiga bulan.

Tahun 2024 memasuki kuartal 1. Bukan tanpa harapan namun di tahun pesta demokrasi ini bisa di pastikan adanya dampak untuk ekonomi yang pasti juga akan dialami oleh semua orang. Semoga dampaknya bagus bukan repot sama inflasi yang cenderung tinggi.

Harapan di setiap tahun pasti ingin lebih baik, hidup lebih seimbang dan buat beberapa orang pasti banyak impian yang sudah di list. Kalau kata beberapa orang resolusi.




Setelah bertahun-tahun saya mencatat segala resolusi dan rasa-rasanya, resolusi yang di jurnal itu seakan tanpa arti karena pencapaiannya bukan seperti yang di tulis. Jauh lebih lama, mungkin karena kurang fokus atau karena hal lain seperti kurang di kejar sehingga tidak teraih.

Maka itu, tahun 2024 saya tidak membuat resolusi, namun lebih mengembangkan beberapa hal seperti meningkatkan sisi positif dalam hidup, fokus pada kesehatan baik mental maupun raga. Selain itu menjalankan hidup minimalis dengan menikmati dan mensyukuri yang ada  salah satu hal yang perlu selalu diingat. Kelanjutan dari hidup minimalis yaitu frugal living, mengeluarkan uang untuk hal-hal yang memang perlu. Menurunkan ego untuk membeli sesuatu yang belum tentu tingkat ke urgent-annya tinggi. Namun bukan berarti tidak membeli, apabila telah lebih dari 3 kali meminjam segera masukkan budget list.

Sedikit menulis untuk frugal living bukan mengurangi kualitas hidup apalagi untuk asupan makanan, namun membeli secukupnya, membeli produk lokal dan mengganti makanan tertentu dengan makanan yang kadar gizinya sama namun dengan harga yang ekonomis. Contoh mudahnya mengganti menu daging merah dengan ikan. 

Tahun ini saya lebih memfokuskan mencintai diri dan lebih memperhatikan kesehatan dengan membatasi jam bersosial media, membatasi diri untuk melakukan perjalanan hanya untuk menyenangkan orang hingga mengurangi aktivitas yang menghasilkan uang. Karena mencintai diri sendiri dengan berolahraga, mengambil kelas belajar hingga belajar hal baru serta lebih banyak bermeditasi  yang di yakini membuat saya menjadi orang yang positif.

Sebatas waktu yang berlalu resolusi bukan solusi namun resolusi adalah catatan untuk meraih tujuan dalam hidup. Tapi yang penting adalah kualitas hidup yang harus lebih baik dari tahun sebelumnya.

Kalau saya lebih memilih untuk  tidak memikirkan pendapat orang sehingga bawa perasaan bukan bagian dari saya, karena versi terbaik saya pasti beda sama kalian. 


Komentar