Perpanjang SIM di Mobil SIM Keliling

    Saat perpanjang SIM (Surat Ijin Mengemudi) seringkali menjadi momok yang menyebalkan. Selain jauh, memerlukan effort lebih seperti lama, prosedur yang bikin lelah. 

         Padahal aktivitas harian saja sudah padat. Terlintas kenapa SIM ga seumur hidup seperti KTP. Tapi jangan pernah berpikir seperti itu. Kalau KTP kan identitas diri, yang artinya ga ada perubahan bererti kecuali pindah tempat tinggal. Karena nama, tanggal lahir sampai golongan darah kamu ga mungkin ganti 😉 Tetapi untuk SIM ada banyak hal yang bisa mengubah dari tadinya kamu punya kapasitas untuk mengemudi, lalu karena usia atau sesuatu hal, membuat jadi hilang kemampuan untuk mengemudi. Makanya SIM itu ada masa berlakunya.

        Inilah yang membuat tetap semangat untuk perpanjang SIM, meski masih 3 minggu lagi masa berlakunya habis.

        Bertahun-tahun tau ada mobil SIM keliling, dan belum pernah mengunjunginya. Di kesempatan ini saya mencoba untuk melakukan layanan perpanjangan SIM. Waktunya hari Minggu di Ruko Buaran, Jakarta Timur (seberang Mc. D buaran). Mobilnya sudah datang dari pukul 8 pagi. Mobil SIM keliling ini melayani perpanjangan untuk A dan C. Jadi buat pengemudi mobil dan motor bisa ya di perpanjang disini.

         Hal pertama yang perlu di lakukan adalah melakukan psikotes online, menggunakan ponsel sendiri. Caranya cukup memindai barcode yang ada, soalnya ada 3 bagian. Trus soalnya susah ga? Kalau ada nilai 1 - 10, sulitnya soal-soal itu diangka 7. Jangan kuatir, kalo belum lulus, silakan ulangi lagi. Saya juga ngulang dua kali 😓 Setelah lulus tes-nya, lanjut dengan tunjukkan ke bagian pendaftaran, dan kamu dikenakan biaya 60 ribu. Lalu kamu akan mendapat form untuk masuk ke bagian selanjutnya, tes kesehatan. Dan ini sepertinya hanya tes kesehatan mata, karena hanya diperlihatkan buku dengan bermacam gambar seperti mozaik-mozaik. Kamu disini memerlukan biaya 35 ribu dan mendapat form untuk lanjut foto.

        Pada antrian foto ini yang saya cukup lama menunggu, dan tidak ada tempat tunggu yang menunjang, paling selip atau numpang berteduh di depan ruko-ruko yang tutup, seperti ada koperasi atau bank BJB. Disini sekitar 1,5 jam menunggu panggilan. Dan dikenakan biaya 115 ribu.

And sooooo.... Jam setengah 11 sudah jadi perpanjang sim C dengan total biaya 210 ribu.

Sebagai catatan masa berlaku SIM sekarang 5 tahun dan tidak jatuh di hari ulang tahun. 

Jadi siapa nih yang pusing pas mau perpanjang SIM? Cepat ga pakai lama, ga pakai jauh.... happy weekend 😁😁😁 




Komentar