Kastengel ala-ala (Tanpa Keju Edam)

Lebarannya sudah lewat berminggu-minggu tapi bawaan ngemil kue masih bercokol di kepala.

Jadilah hari Sabtu nyoba bikin kastengel. Untuk kali ini di cetak bintang-bintang aja, biar cepat kan ya (ga dikasih parutan keju).

Dikarenakan buatnya mendadak, stok kejunya hanya keju cheedar langsung eksekusi tanpa keju edam, tapi ga nyesel hasilnya nyam-nyam juga lah.

Ini bahan-bahannya (versi me)

1. 350 gr margarine, me blue band saset

2. 600 gr terigu

3. 4 kuning telur

4. 350 gr keju cheedar, me anchor

5. 1/2 sdt garam

6. 1 butir putih telur.

Cara mengadonnya :

Margarine, garam dan kuning telur di kocok dengan cepat pakai mixer, terigu dan keju di aduk setelahnya. Jadi kocok margarine, garam dan kuning telur maksimal 3 menit.

Tips-nya biar ga mekar pas di panggang ketika di kocok margarine, garam dan kuning telur tidak perlu lama, sekedar keaduk rata ya cukup. Sedangkan mengaduk terigu dan keju cukup dengan tangan saja. 

Apabila buatnya cukup banyak, diaduk sedikit-sedikit saja, sisanya tutup secara kedap dan masukkan dalam kulkas, gunanya agar tetap renyah.

Pembuatan kastengel kali ini kita pakai cetakan bintang, dan berhubung saya ga punya rolling pin, jadi pakai botol bekas marjan saja, di giling perlahan dengan cara searah, hingga adonan yang akan di cetak tidak hancur alias mulus, karena berharap terasa kejunya serta kerenyahannya maka di giling secara tebal sekitar 8 sampai 10 mm (dikira-kira saja, ga usah bawa penggarisan).

Dikarenakan kue ini tidak mengembang, jadi ga perlu berjarak ketika berjejer di loyang. Jangan lupa setelah di ada di loyang oleskan putih telur di atas sang bintang, biar warnanya lebih mantap dan berakhir cakep 😍




Untuk pengapian ovennya, panaskan terlebih dahulu dengan api panas atas bawah 190 derajat celcius, lalu setelah panas baru bakar adonan dengan api atas bawah 150 derajat selama kurleb 30 menit, jangan lupa oleskan loyang dengan margarine tipis-tipis.

Hasilnya sekitar 900 gr, jadi 2,5 toples plastik kapasitas 500 gr.


Mau cobain cookies coklat yummy? Klik ini aja, bahan juga gampil Postingan: Edit (blogger.com)

Komentar