Gerakan Bawa Wadah ke Pasar

    Tulisan hari ini di dedikasikan untuk bumi yang sedang tidak baik-baik saja. Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada 21 Februari 2023, yang awal mu


asalnya karena selama ini pengelolaan sampah yang kurang mumpuni sehingga kesehatan masyarakat dan kelestarian lingkungan tidak diperhatikan.



    Sekilas sampah terasa sudah umum masuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA), namun pada tahun 2005 di TPA Leuwigajah terjadi longsor gunungan sampah yang terjadi dikarenakan ledakan sampah yang akibatnya lebih dari 100 orang meninggal dunia.


    Kedua hal diatas yang membuat kita harus berpikir bahwa bumi tidak baik-baik saja, dan mulai mendoktrin apa saja yang bisa dikurangi untuk mengurangi sampah.


    Seiring banyaknya himbauan tanpa wadah kantong plastik dan di sahkan dalam pergub contoh di DKI Jakarta di terbitkan tahun 2019 dan mulai dijalankan pada 2020 dengan nomor pergub 142 tahun 2019, maka sudah bertahun-tahun kalau ke pasar bawa tas kain dan wadah plastik yang bisa di cuci. Meski terasa merepotkan, namun apabila sudah menjadi kebiasaan semua terasa seperti kita membawa payung waktu memasuki musim penghujan.


    Perlu dipersiapkan adalah apa saja yang akan kita beli di pasar, mungkin dengan list belanja memudahkan kita menyiapkan berapa wadah, kantong atau box yang perlu dibawa. Pesan saya adalah gerakan bawa wadah kepasar itu menggunakan wadah yang ada di rumah, ga perlu estetik apalagi check out dari e-commerce, alasannya mudah semua hal yang baru, sedikit banyaknya ada proses yang membuat bumi menjadi bekerja lebih keras. 


    Wadah yang bisa digunakan adalah seperti toples bekas selai bisa digunakan untuk bumbu dapur semacam kemiri, ketumbar dan turunannya. Atau bisa digunakan untuk ikan asin dan teri medan. Kantong spunbond atau kantong belanja bisa buat taruh sayuran. Box plastik hadiah dari mie instan atau beli biskuit bisa buat menaruh telur atau sayuran yang mudah rusak seperti tomat dan cabe atau daging, ayam dan ikan.


    Saran lainnya bawa lebih box dan kantong spunbond tambahan jadi kalau ada yang di beli masih ada cadangan tempat.


Kalau tips dari kamu apa ya? Silakan kalau mau sharing.



Komentar