SEKILAS MENGENAI GOPAY by GOJEK

Update yaaaaa....

Sekarang ada Bank Jago yang nge-link ke Gopay.

Kalau membayangkan hari ini, sampai sekarang masih aja suka pelototin si ponsel android ini. Secara masih ada aja di tas ponsel yang cuma bisa halo-halo sama SMS. Tapi sumpah jarang banget dipakai buat SMS, abisnya provider yang aku pakai mahal bener tarif SMS-nya #curhat1.

Sekarang apa sih gunanya pakai ponsel android? Pastinya buat komunikasi, yang makin jarang buat cuap-cuap karena kok enakan chat. Itu sih aku ya, kalau kamu gimana? Ehhhh... tetapi sekarang masih sih telpon-an pake telpon WA (ish pelit) ☺☺, padahal kan seringan putus-putus ya suaranya. Tapi tetap aja hajar weee.

Nah isinya apa sih menu di ponsel android itu? Adalah beberapa game yang suka dipakai sama anak-anak di rumah. Aku mah ga paham mainnya  Trus isinya ya aplikasi chat macam WA sama Line, trus email yang macam-macam user-nya. Nah yang ga boleh kehapus ya gojek.




Aplikasi gojek ini yang andalah setiap waktu. Kalau laper tapi jam pulang masih lama, ujung-ujungnya gofood. Dari minuman yang kekinian sampai roti di Holland Bakery ya di gofood-in aja. Gitu juga kalau macet banget jalan pulang, sedangkan pasukkan di rumah sudah kehabisan lauk, gofood lagi pastinya.

Kalau untuk wira-wiri pasti cuma goride dan gocar aja. Praktis meskipun harganya naik melulu. Kapan-kapan saya demo deh. Kan naik gaji setahun sekali. Masa iya naik tarif sebulan sekali, mana promo juga jarang, membuat manyun saja ☺

Trus kalau mau kirim barang atau dokumen pakai gosent. Mau isi pulsa atau jualan pulsa biasanya aku pilih menu gopulsa, Harganya tetap lebih murah daripada beli di minimarket. Bayar tagihan PLN, Air, sampai BPJS aja sekarang cukup pilih menu gobill. Apabila perlu detergen karena udah mulai nyuci tapi kurang, menu gomart selalu jadi handalan, adalagi yang suka aku gunakan adalah pembayaran  Alfagift (kapan-kapan di tulis untuk kegunaan Alfagift). 

Tapi di gojek itulah ada yang namanya gopay. Alat pembayaran digital. Saya menggunakan ini bukan buat gaya-gayaan loh. Tapi emang memudahkan hidup. Gofood, gosent, gobill, gomart, goride sampai transfer ya pakai gopay ini. Selain jadi cepat, juga biar para driver ga di beratin sama bayarin duluan maunya kita itu. Contoh beli roti Srikaya di Tet Fai, Tambora bawain ke Kemang sudah jauh bayarin dulu. Tau-tau kamu kelamaan nunggu main batalin aja. Kalau kamu pakai metode gopay, si driver ga pusing sama pesanan kamu yang jauh itu.

Nah gopay itu banyak banget loh pinternya. Di menunya aja ada macam-macam, seperti:

BAYAR DAN KIRIM
Ini menu dipakai kalau mau belanja di restoran atau mini market, cukup scan barcode, beres deh. Saldo kamu berkurang, dan kadang-kadang dapat cash back.
Sedangkan kirim maksudnya ketika saldo gopay ada cukup banyak maka bisa transfer ke rekening (bank nya hampir semua ada kok), cukup aman karena ada konfirmasi nama pemilik rekening, jadi bisa di cross check sebelumnya. Dan biaya adm sangat manusiawi cuma 2500, dan real time untuk masuk ke rekening yang kita tuju.
Tapiiiii, buat transfer ke bank Jago free yah. Ayo buat akun di bank Jago.
Buat saya yang biasa transaksi pakai gopay, dari para customer yang beli kue dan kami beda rekening, yang transfer ke gopay saya cuma kena biaya 1.000.

PAYLATER
Pakai aja dulu saldonya, nanti bayarnya akhir bulan. Semacam kredit-lah.

ISI SALDO
Kalau ini maksudnya buat isi di ATM, m-banking, dll dan bisa dari berbagai bank. Maksimal saldo gopay adalah 2 juta.
Untuk isi saldo gopay yang saya tau bisa dari beberapa sumber, yaitu :
1. Driver
Ini ga kena biaya. Biasa si abang driver sambil jalan suka nih tawarin kita isi saldo, jadi ini pengisian paling murah alias gratis.
2. Alfamart dan pegadaian
Biaya Rp. 1500. Kalau punya uang cash banyak, tapi mesin setor tunai ga nemu salah satu cara adalah masukkin lewat alfamart atau pegadaian. Dan ini real time alias langsung masuk.
(Update 8 Juni 2020 Maksimal isi di alfamart Rp. 500.000, biaya dua rebu saja. Jadi Kalo mau isi Rp. 1.500.000 kena biaya enam rebu, 3 x pengisian)
3. Transfer ATM/m-banking
Biaya Rp. 1000.


MINTA
Menu minta biasanya kita gunakan apabila buat patungan sama rekan-rekan atau buat bayar sarapan yang nominalnya ga gede-gede.

TARIK TUNAI
Tarik tunai adalah menu yang disiapkan oleh gopay untuk ambil uang tunai di ATM BCA tanpa kartu, menarik dari saldo gopay.
Nominalnya 50.000 sampai dengan 1.200.000 dengan biaya 5.000 saja.


Ah, segitu saja sekilas mengenai gopay. Dan ini bukan endorse ya, sekedar catatan. Semoga berguna buat yang perlu.

Di update 5 Mei 2023

Komentar