Bekasi ke Jl. Bangka - Pasar Mampang Naik Commuterline

Hai pengguna jasa angkutan umum,

Seringkali kita mengalah pada rumitnya trayek angkutan yang harus berpindah dan sulit.

Tapi seiring dengan kemacetan terutama di sekitaran Jakarta Selatan, sepertinya naik commuterline dan transjakarta atau busway tetap menjadi pilihan yang menarik.

Seperti saat ini saya selalu mengarah ke Blok M, tepatnya Jl Bangka Raya. Beberapa orang memilih naik motor, kendaraan yang paling simple. Tapi saya coba menggunakan commuterline, dari Kranji ke Manggarai. Di stasiun Manggarai saya transit untuk pindah ke Commuterline tujuan Depok atau Bogor, dan turun di Stasiun Duren Kalibata.




Kenapa ga turun di Stasiun Cawang? Stasiun Cawang alternatifnya hanya Busway, yang naik dari halte busway cawang cikoko. Atau ojek online. Tarif ojol berkisar 11 sampai dengan 15 ribu. Jarak tempuh sekitar 6 km.

Kalau turun di Stasiun Duren Kalibata, ada busway yang jurusan Kp Rambutan - Blok M melewati stasiun Duren Kalibata, dan karena merupakan jalur pengumpan, jadi bisa bayar cash (tidak perlu pakai e-money dan sejenisnya). Ada alternatif Kopaja 57, jurusannya sama dengan busway. Kp Rambutan - Blok M, dan armadanya banyak. Ngetemnya ga terlalu lama, karena penggunanya banyak, atau mau ojol juga mudah, tarifnya kalau ke jalan Bangka sekitar 12 sampai 15 ribu. Jarak tempuh 5,9 km.

Berhubung saya lebih sering ke Stasiun Duren Kalibata, jadi estimasi yang saya tau untuk perginya, sekitar 60 - 90 menit, tergantung situasi kemacetan di Duren Tiga dan Mampang. Ini perjalanan sebelum jam 8 pagi. Dan untuk sore hari setelah aktivitas, memakan waktu lebih lama, karena macet di jl Mampang yang aduhai, meski underpass ke Kuningan sudah dibuka.

Mungkin sekian dulu dari saya, kalau ada yang mau menambahkan, ditunggu di kolom komentar. Karena tanpamu, ga ada yang baca catatanku.


Gambar : Microsoft bing

Komentar