Jalan-jalan cuma 20 Ribu

20 RIBU BISA JALAN-JALAN DI JAKARTA

        Kalau hari gini kita selalu berpendapat namanya jalan-jalan perlu modal besar apalagi sama anak-anak, memang secara nalar pasti iya ada budget khusus yang kadang-kadang bikin mentok alias membatalkan acara momen bersama keluarga yang diluar rumah.


        Wajarlah kebutuhan banyak, harga bahan pokok selalu bertambah, plus kebutuhan yang ecek-ecek selalu meningkat. Namun semua bukan rintangan buat sesuatu yang menarik untuk anak-anak. Cukup kok 20 ribu bisa ke Monas sama ke Museum Gajah. Atau Museum Jenderal Nasution ke https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=2567244513765093113#editor/target=post;postID=3217353353600197544;onPublishedMenu=allposts;onClosedMenu=allposts;postNum=9;src=postname sama ke Monas.


      Besok-besok lagi akan saya tambah beberapa lokasi yang searah. Intinya, anak-anak suka bosan kalau cuma datang ke satu tempat. Namun beberapa tempat dengan biaya terjangkau dan mempunyai nilai tambah. Nilai tambahnya adalah ilmu dari kunjungan ke museum ini.


      Beberapa tempat yang saya sebutkan diatas mudah untuk dikunjungi menggunakan angkutan umum. Ini juga angkutan umumnya yang gampang yaitu Commuterline dan transjakarta. Kalau yang lain terkadang harus pindah dari angkutan ini ke bis itu dan memerlukan tambahan biaya transportasi.


        Kalau mau ke Museum Gajah yang tutupnya jam 3 sore bisa naik transjakarta, ke arah harmoni turun tepat di depan museum gajah. Nanti kalau sudah selesai kunjungan tinggal menyebrang ke monas.


Estimasi biaya :
1. Transjakarta PP               Rp. 7.000
2. Tiket Museum Gajah      Rp. 5.000
3. Tiket Monas.                   Rp. 4.000
            TOTAL.                   Rp16.000


        Estimasi itu untuk orang dewasa sedangkan untuk anak-anak harga tiket lebih murah. Seperti Museum Gajah yang menetapkan tarif untuk pelajar seharga 2 ribu. Wah lebih murah lagi. Jadi jangan khawatir acara jalan-jalannya menguras uang keluarga ya.


        Sedangkan kalau mau ke Museum Jenderal  Nasution dahulu baru ke Monas, bisa mengambil jalan dari naik Commuterline, turun di Stasiun Gondangdia kemudian berjalan sekitar 200 meter untuk menuju Museum Jenderal Nasution. Setelah selesai berputar disana cukup jalan kaki untuk menuju Monas.


Estimasi biaya :
1. Tiket Commuterline dari Bekasi ke Stasiun Gondangdia Rp. 3.000
(Biaya tiket commuterline berbeda-beda tergantung darimana naiknya).
2. Tiket Museum Jenderal Nasution                                      Free
3. Tiket Monas                                                                       Rp. 4.000
                                                                             Total.         Rp. 7.000


        Untuk makan, minum dan cemilan bisa bawa dari rumah, atau siapkan yang disukai anak-anak. Seperti mie goreng, roti-rotian bahkan juice yang mudah dibikin bisa sebagai pelengkap acara jalan-jalan keluarga.


Tips dari saya :

1. Beberapa tempat wisata yang dikelola oleh Pemda DKI Jakarta menggunakan kartu jakcard dari Bank DKI. Seperti Taman Margasatwa Ragunan dan Monas. Jadi ada baiknya bawa saja bila sudah punya. Meski dapat dibeli di tempat, namun kartu tersebut dikenakan biaya Rp. 10.000. Bila sudah punya namun tidak ada saldonya tinggal diisi di loket masuk.




2. Jakcard ini bisa digunakan untuk naik transjakarta.

3. Perlu 1 kartu perorang untuk naik commuterline, kalau belum punya e-money atau flazz bca bisa menggunakan tiket berjamin yang bernilai Rp. 10.000 yang akan dikembalikan bila sudah selesai digunakan.

4. Untuk naik transjakarta 1 kartu untuk 1 orang (edit 23 Mei 2023).


        Ayo jangan ragu untuk jalan-jalan dengan budget ekonomis. Ala emak-emak smart. Jadi keluarga sehat ga harus jadi orang kaya, family time dan bersama di waktu libur bisa membuat seluruh keluarga mempunyai nilai tambah untuk kebersamaan.


edit 23 Mei 2023

Komentar