Museum Gajah

Hallooooo,

Ini nulisnya harusnya sudah jadi beberapa minggu yang lalu. Halaaa, alasan lama ah kalau sibuk. Buktinya facebooknya aktif melulu. Apalagi foto instagramnya ada aja yang di posting. Malesin banget ah si Karin.
#tabokPakeCepekan langsung lancar jali nulisnya. #sabar dehem, dehem ga jelas.

Pokoknya beberapa waktu lalu kami sekeluarga sepakat lihat gajah. Iya gajah yang besar, tapi males ke Ragunan. Karena akhir tahun lalu sudah ke Ragunan. Eh tetapi pas tau kemarin Pak Joko Widodo ke Ragunan langsung pengen ke sana lagi. Sananya Ragunan. Tapi ini mau ceritain museum gajah alias Museum Nasional Indonesia. Yang letaknya di jl Merdeka.

Terakhir kali ke Museum Nasional Indonesia ketika saya masih sekolah dasar. Nah suami tercintah malah belum pernah, apalagi anak saya belum pernah dong #kokbangga


Sebenarnya dasar berdirinya museum Nasional diawali sekitar tahun 1778 oleh himpunan yang didirikan oleh Pemerinta Belanda, dan setelah beberapakali ada perubahan, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 092/0/1979 tertanggal 28 Mei 1979 menjadi Museum Nasional hingga saat ini.

Tahun 2017 ini tiketnya buat anak-anak sekolah cukup Rp. 2.000, dewasa Rp. 5.000, wisatawan Rp. 15.000 (kalau ga salah). Anak-anak ga perlu tunjukkan kartu pelajar, cuma ditanya kamu kelas berapa sama yang jaga tempat jual tiketnya. Relatif murah buat wisata di saat ini.

Kalau dulu museum ini belum tingkat, masih bangunan lama alias bikinan Belanda. Sekarang yah udah tingkat 4. Megah pisan :) sesuai deh sama pengunjung yang datang, rame. Ga cuma wisatawan lokal, yang wisatawan mancanegara juga banyak, secara lengkap lah barang-barang koleksinya. Dari masa purba (jaman pitekantropus) sampai jaman penjajahan juga ada. Mana adem #eh

Ada beberapa yang terdokumentasi sama saya. 


Ngambil foto disini agak susah, gantian sama orang yang juga pada ngantri.

Salah satu miniatur rumah daerah yang ada di Indonesia

Hiasan rambut

Sejenis pintu 

Kain tradisional

Baju khas Minahasa

Sepeda di awal tahun 1900

Nah buat yang suka sama sejarah benaran ini Museum recommended. Cukup lengkap. Dengan empat lantai yang luas, berbagai macam bukti sejarah terpampang disini. 

Buat kunjungan ke sini juga mudah sekali. Kalau naik kendaraan umum bisa menggunakan busway atau Trans Jakarta, yang lewat monas, turun deh persis di depannya.

Note : buka Hari Selasa sd Minggu.
Tutup di hari Senin dan libur nasional. Jadi di cuti bersama juga libur. 

Mari atur jadwal biar ga kecewa ☺☺☺ 

Trus share juga pengalaman kamu disini ya!

Berkunjung ke Museum buat yang punya anak bisa dibilang rekreasi murah, yang banyak manfaatnya. Ga perlu selalu ke mall buat bikin anak senang dan bahagia. Itu pandangan saya, mungkin kita beda tapi ga masalah juga 😂









Komentar

  1. nice info mbak, saya paling suka piknik ke museum

    BalasHapus
  2. Murah, dan banyak informasi yang kita dapat ya mba PWWidayati :)

    BalasHapus

Posting Komentar