Relationship

Tiba-tiba ingat pertanyaan si cantik tentang berapa lama mami sama papi menikah. Pertanyaan yang sangat tidak spesial kalau buat saya pribadi. Bukan cinta pertama, apalagi pacar pertama. Semoga selalu bersama meski semua bukan yang pertama kecuali suami pertama yang berasanya selalu seru, kaya roller coaster. Masih serba belajar, karena sejatinya pernikahan itu seperti hidup, selalu belajar.

Jalanin relationship itu susah-susah gampang, atau gampang-gampang susah. Tapi tips kami (saya dan suami, kayanya.... hehehe) mungkin bisa jadi referensi, taela ❤


1. Menempatkan diri di posisinya

Waktu masih pacaran, sudah biasa telpon jam berapa aja, apalagi sms atau chat. Ga ada kesudahannya. Giliran udah resmi masih gitu ga yah? Mudah-mudahan masih. Tapi saya suka engga. Maaf saya ngaku, pilih tidur dikendaraan daripada chatting-an. Tapi suka tuh sama yayang di sms sekedar tanya punya pulsa ga? Wihhhh, seneng dong ditanyain. Trus kalau dijawab masih, lanjut si yayang bilang, bagi dong. 
Wahhhh, jadi nyesel jawabnya. Hihihi... Tapi fokus nih, balik sama menempati diri di posisinya, ngabarin dong. Jangan asalkan ntar ketemu ga perlu ngabarin, Dia pasti kuatir sama keadaan kita. Seperti kita masih kepo sama yayang yang lagi dimana.


2. Menghargai

Ini buat relationship yang mana aja. Baik masih temenan atau udah nikah. Jaga privasi. Jangan terlalu iseng suka banget bongkarin handphone pacar atau suami/istri. Mau nyari apa? Takut dia selingkuh? Atau takut nyimpen foto sama lawan jenis? Kalau cuma foto yang ramai-ramai di ruang kantor atau halaman kampus mah ga masalah yah. Trus kalau ga pernah percaya pasangan kapan kita sehatnya. Sama kaya kita males bangetkan kalau semua isi chatting dibacain sama pasangan, meski ga ada yang rahasia. Cemburu boleh. Menjaga harus tapi ada batasannya.


3. Sentuhan sayang

Ini (only yang udah sah). Cium tangan, atau kecup pipi, jangan pernah lupa. Peluk dalam hitungan sepuluh juga sudah cukup. Gunanya sih simple, ngasih tau alam bawah sadar, kalau kamu tuh ada. Ada buat berbagi, ada buat bersandar, ada buat di curhatin. Ga perlu curhat sama orang lain. Ntar ada orang ketiga.


4. Komunikasi

Ga perlu lama-lama kalau memang ga sempat, tapi aturlah waktu meski cuma sebentar. Intinya kualitas komunikasi yang baik. Dalam komunikasi yang singkat kita pasti  belajar apa maunya pasangan. Entah dia lagi stres, atau bahagia. Bisa juga jatuhnya sharing. Dari pekerjaan, keluarga ataupun cuma berita politik yang lagi hangat di koran.


5. Kegiatan berdua

yang ini adalah quality time berdua. Bisa ngejalanin aktivitas yang memang jadi hobi bersama. Traveling contohnya. Jangan jadiin alasan ada anak ga bisa traveling. Ya mungkin ga traveling ke Bangkok, lama dan sedikit repot kalau sama bocah. Tapi traveling kan bisa cuma ke puncak, pulang pergi aja. Yang penting bareng. Atau bisa juga nyobain kuliner baru yang menunya sama-sama doyan. Oh iya contoh lain bisa juga olahraga bareng, nyepeda ataupun main tenis berdua. Pastinya serukan.


6. Aku bukan kamu, kamu bukan aku

Bukan masalah kamu dari suku apa, makanan favoritnya apa. Jangan paksain pasangan kamu suka dengan apa yang kamu suka. Saya itu ga begitu doyan pedas, nah suami ahlinya gadoin cabe. Bukan sembarang cabe, tapi cabe inul yang pedes banget. Dengan sangat terpaksa menu makanan kita berbeda. Tapi yah ga perlu dengan  kita jadi pasangan semua sama. Sifat, hobi dan yang lain pasti tetap masing-masing. Karena kami dua individu yang berbeda.

Ada satu hal yang masih saya pelajari adalah cinta bukanlah kata benda, namun cinta merupakan kata kerja. Terus belajar, belajar untuk mengerti, toleransi. Dan itu harus dari kedua belah pihak. Kalau bertepuk tangan cuma dengan satu tangan, suaranya ga renyah. Tapi kalau dengan kedua belah telapak tangan, bunyinya enak buat didengar. Riuh rendahnya terasa ^^.

Ini notes kami, ada yang punya tambahan? Monggo di tambahkan.

Kalau mau baca mengenai mood cek sini aja 
https://draft.blogger.com/blog/post/edit/2567244513765093113/5220313208357899583

Komentar