Beberapa Tips Melancarkan Usaha Online

Di era yang sangat tinggi mobilitasnya, banyak sekali perempuan (terutama) yang memanfaatkan tehnologi untuk memenuhi kebutuhan terutama untuk hal berbelanja. Meskipun pembelian tiket pesawat maupun kamar hotelpun bisa juga melalui online.

Tapi yang simple terlebih dahulu seperti kebutuhan harian dari isi lemari dapur seperti sarapan maupun kebutuhan anak-anak, yaitu perlengkapan mandi dan makanan tambahan seperti susu. Ada beberapa web yang memang menjual kebutuhan tersebut. Tapi ini bisa juga jadi peluang bisnis yang sangat-sangat menjanjikan.

liputan 6.com



5 Tips yang paling mudah untuk memulai bisnis ini yaitu:

1. Mudahkan fasilitas chat
Jaman sekarang ini orang lebih suka untuk chat daripada berkomunikasi dengan bicara atau telpon. Jadi untuk mendekatkan diri dengan calon pembeli ga ada salahnya melengkapi diri dengan fasilitas chat yang lengkap. Seperti adanya Line, BlackBerry Massenger (BBM) ataupun seperti Whats App (WA). Banyak hal juga yang bisa kita bagikan dari status di media chat tersebut.
Catatan : perhatikan tulisan, jangan gunakan bahasa gaul yang berlebihan dan jangan terlalu banyak menggunakan singkatan dalam penulisan.

2. Tangkap peluang dari orang terdekat
Untuk peluang dan calon customer, tak perlu memandang jauh kedepan, namun ambil peluang dari teman-teman atau kerabat terdekat. Sehingga biaya promosipun bisa ditekan, dipindahkan menjadi promo diskon misalnya yang membentuk opini selain barang berkualitas namun juga ada harga yang "miring" (catat bukan murahan).
Catatan : apapun bisa dijadikan sumber penghasilan, asalkan ada yang memerlukan.

3. Estimasi pengiriman
Namanya usaha yang dipegang itu adalah janji. Kalau usaha online yang dipegang juga janji. Janji kapan barangnya sampai tanpa perlu harus komplain. Satu atau dua komplain memang memicu semangat untuk melakukan perbaikan, tapi kalau kebanyakan komplain, bisa-bisa pada kabur pelanggan kita. Pilih logistik dengan biaya terjangkau (sehingga ongkos kirim bisa ditekan) namun terpercaya, seperti dilengkapi dengan web, sehingga bisa di cek nomor resinya dan ada no call centernya.

4. Kemasan yang sesuai
Meski isinya yang penting namun kemasan juga mendeskripsikan bagaimana bentuk dari dalamnya. Oleh karenanya ada baiknya dipikirkan bagaimana bentuk bungkusnya sehingga enak dilihat dan juga kualitas barangnya tetap baik ketika sampai di tangan pembeli.
Catatan : Ini harus dimasukkan dengan harga produk, jangan sampai rugi karena kemasan yang kelewat mahal.

5. Testimoni
Testimoni sangat diperlukan untuk usaha online, untuk menunjukkan bahwa memang yang kita jual itu layak atau sesuai dengan deskripsi yang kita tampilkan. Ada beberapa cara untuk memancing customer untuk memberikan testimoninya. Bisa dengan pemberian gift ataupun memancing dengan ucapan "apakah barangnya sama dengan foto?"

Maksimalkan gadget kita untuk menambah peluang dan pastinya tambah teman, dan temannya adalah teman yang menguntungkan.


Komentar