Transportasi ke Masjid Istiqlal dari Jatinegara

Hari minggu kemarin waktunya ngebolang setelah dari pasar Jatinegara. Pasar yang masih aja jadi favorite saya kalau cari baju anak yang murah tapi keren. Harganya masih aja paket, 110 ribu dapet tiga, hehe, model baru dan hmmm... pasar jaya (PD Pasar Jaya maksudnya) nya juga lumayan ramah untuk bawa anak. 

Setelah puas, trus makan somay yang lumayan harganya kalau dibandingkan di kampung rumah saya, hihi mau makan murah melulu yah. Saya melanjutkan jalan-jalan ke Masjid Istiqlal yang letaknya di Jakarta Pusat. Masjid dengan arsitektur yang keren ini di prakarsai pembangunannya oleh Presiden Pertama kita Ir. Soekarno agar umat beragama bisa saling hidup bertoleransi karena tepat diseberangnya terdapat Gereja Katedral. Masjid yang dirancang oleh seorang arsitek yang bernama Frederich Silaban menjadi salah satu maajid yang termegah di Asia Tenggara, emang selalu bikin takjub dengan keindahan letaknya maupun seni bangunannya yang di buat pada tahun 1951, karya yang dahsyat untuk zamannya :-)

Bercerita tentang Masjid Istiqlal hampir tertinggal cara menuju ke sana. Karena saya berangkat dari Jatinegara ya ujung-ujungnya naik commuter line aja yuk. Cuma kena tarif 2 ribu, dari Stasiun besar Jatinegara menuju Stasiun Juanda. Commuter yang kami naiki adalah commuter jurusan Bekasi ke Kota. Ga perlu waktu lama hanya sekitar 15 menit. Dan hanya melewati 4 stasiun, yaitu stasiun Manggarai, Cikini, Gondangdia, Gambir. Turun dari Stasiun Juanda kita cukup menyebrang jalan dan Masjid megah ini sudah terpampang dipintu keluar dari Stasiun Juanda. 

Kalau mau lanjut mengenal Gereja Katedral tinggal nyebrang yah. 

Semoga tulisan ini membantu buat yang mencari destinasi wisata keluarga yang penuh dengan edukasi serta biaya cukup murah kiranya bisa dipertimbangkan.

Komentar