Aku Bisa Sendiri

"Kamu makan apa?" tanya seorang kakek kepada seorang cucu perempuannya. "Aku akan buat telur ceplok untuk makan siangku." jawab anak perempuan itu. Diusia yang baru menginjak 5 tahun seorang anak dengan ibu yang masih bekerja 8 jam sehari ditambah waktu yang ditempuh untuk sampai kekantor, sekitar 11 hingga 12 jam sehari meninggalkan anaknya. 

Mungkin sudah biasa orang disekeliling kita meninggalkan anak mereka yang masih balita untuk mengejar karier, pendidikan atau kesempatan untuk berkembang. Era dimana perempuan juga memiliki hak yang sama dengan para pria.

Taukah kamu, kalau anak dengan orang tua terutama ibu yang bekerja akan membawa banyak efek yang baik, yang dapat dicontoh oleh anak terutama ketika mereka kelak menjadi dewasa. 

1. Anak seperti ini yang lebih mandiri, meski selalu didampingi orang dewasa, namun cinta ibu untuk melindungi untuk hal-hal yang sangat mudah tidak diperolehnya, sehingga sang anak berusaha untuk menyelesaikan masalahnya sendiri terutama untuk hal-hal yang tidak terlalu penting, seperti memakai kaos kaki sendiri diusia 2 hingga 4 tahun. Mereka merasa ibu atau bapaknya bisa mengapa saya tak bisa.

2. Anak yang ditinggal oleh ibu yang bekerja biasanya juga lebih teliti, karena ibu yang bekerja lebih fleksibel dengan barang-barang yang tak seberapa, namun untuk anak ini menjadi pemicu agar barang pribadi miliknya tidak rusak ataupun hilang maka segala daya upaya akan dikerahkan agar lebih teliti dalam hal penyimpanan.

3. Disiplin, anak ini juga disiplin, dikarenakan mereka terbiasa melihat orang tuanya tertib secara waktu, sehingga menjadi kebiasaan untuk mengikuti irama orang tuanya.

4. Anak dengan kedua orang tua yang bekerja biasanya lebih easy going, karena mereka terbiasa dengan siapa saja yang merawat mereka. Anak-anak ini bisa menggunakan beraneka ragam cara berkomunikasi, mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.

Hal seperti ini yang sebenarnya sebagai ibu bekerja tidak melulu selalu buruk, tapi anak menjadi mandiri diusia dini, mereka diajarkan cepat untuk mengambil keputusan dengan segala konsekuensinya.

Keep healty, keep optimist.

Komentar