Temani dan jawab pertanyaannya

Tontonan di sejumlah televisi banyak banget yang aneh, bahkan cenderung kurang mendidik. Dari yang cowok ganteng tapi ternyata serigala, sampai drama religi yang mengharu biru, istriku ternyata pacar adikku. Ga tau gimana ceritanya tapi rata-rata muter-muter meski tidak seperti komedi putar.
Punya anak yang masih belum besar (8 tahun) segala macam pertanyaan sering kali tercetus. Mom, apa ya bedanya nikah sama kawin. Intinya ga ada bedanya nikah sama kawin, menyatukan antara perempuan dengan laki-laki dalam ikatan pernikahan. Cuma pembahasaannya saja. Mom, kalau nikah siri apa? Apa nikah muda dibilang nikah siri? Jleb juga yah, takut salah penjelasan. Nikah siri itu bukan nikah muda, namun menikah yang tidak tercatat di dalam negara. Kenapa yang perempuan muda, yang laki-laki tua? Sebenarnya itu kan cuma film. Karangan, tapi pada hakekatnya itu pernikahan sah, yang tidak dicatatkan. 
Meski pertanyaannya ga susah, tapi penjelasannya harus pas. Karena daya pikirnya banyak yang beda dengan makna yang sesungguhnya. Tapi saya tak akan bosan menjawab berbagai macam pertanyaan yang menghiasi pikiranmu anakku :) :)

Komentar