Dongeng Sebelum Tidur

Ada beberapa anjuran untuk mendongeng sebelum tidur. Salah satunya adalah sebelum tidur masih adanya ikatan emosi antara anak dengan orang tua yang seharian kurang berbicara dengan anaknya. Manfaat lainnya adalah merangsang imajinasi dan menambah kosa kata si anak.

Untuk saya mendongeng seakan menjadi beban karena tak punya imajinasi untuk berccerita ala anak-anak dengan kosa kata yang sesuai dengan umurnya pula. Meski kadang-kadang saya menggunakan buku cerita sebagai media agar tidak gugup (taela sama anak sendiri gugup, bagaimana harus bicara di forum, oh lala). Bukan hanya buku cerita, saya siapkan boneka, saya bawa buku gambar, pensil untuk sekedar meyakinkan cerita tersebut. Hihi... semangat banget yah. Dan anak saya yang malah melanjutkan ceritanya. Biasanya dia bilang, aku udah tau akhirnya. Aduhhhh... Namun beberapa hari lagi saya akan didaulat untuk mendongeng sebelum tidur. Buang-buang waktu, namun apa daya sering juga saya bercerita asal saja, yang penting segala macam nasehat yang mau saya sampaikan saya sisipkan disana. Dan si cantik akan menambahkan mami mau ngomel aja bela-belain bercerita (kalah lagi sama anak kecil). Namun modus tersebut akan tetap saya gunakan sampai dia sudah besar menurut kacamata saya.

Karena sesibuk apapun kita. Selelah apapun kita, anak-anak tetaplah anak-anak, yang merupakan makhluk sosial yang butuh perhatian, kasih sayang dan belaian yang harus kita tunjukkan dan kita ungkapkan sesering mungkin, agar jiwanya merasa kita selalu menemaninya dalam keadaan apapun.

Meski saya selalu lebih sibuk memaksa si cantik untuk sikat gigi dan berdoa sebelum dia memeluk gulingnya. 

Selamat Tidur Cantik <3 <3

Komentar