RESOLUSI BUMI

Bumi yang telah tua, dengan segala macam kondisi lingkungan yang telah tercemari membuat bumi bertambah pilu, sedih dan kerontang. Sudahkah kita menyelesaikan semester pertama di tahun 2014 dengan resolusi terhadap bumi yang hijau ini? Ada beberapa resolusi untuk bumi kita, dicontoh dari liputan Zona Supporter Magazine Planet WWF Volume IV no.1/MEI 2014 yaitu:

A. Mulai menggunakan kembali atau mendaur ulang barang yang tidak terpakai.

     Bisa memanfaatkan botol bekas air kemasan menjadi vas bunga, atau membuat        koran menjadi bingkai foto yang cantik.

B. Mulai menggunakan transportasi publik.

     Mungkin terkadang kita hanya memikirkan kepraktisan untuk mencapai suatu tempat tujuan, tanpa pernah memikirkan polusi udara yang keluar dari knalpot kendaraan kita. Solusi lain mungkin bepergian bersama-sama untuk ketempat yang searah.

C. Hemat air.

     Ini bisa dimulai dengan jangan sampai bak mandi sudah penuh air dengan kran air yang masih menyala deras. Sayang airnya.

D. Mengkonsumsi produk lokal guna mengurangi emisi karbon.

E. Mulai mengkonsumsi makanan laut sehat.

     Ya jangan pernah mengkonsumsi sirip ikan hiu. Ikan yang mulai dilestarikan karena habitatnya yang hampir punah.

F.  Mengurangi penggunaan kertas dan tisu berlebihan yang bersumber dari hutan.

     Biasakan menggunakan kertas di kedua sisinya. Recycle begitu intinya.

G. Mengurangi sampah plastik.

     Ini bisa dimulai dengan diet kantong plastik, bawa tas belanja dari kain yang bisa dicuci. Serta menjauhi minuman kemasan, karena botolnya jadi sampah.

 

 

 

Selain yang diatas tadi sudah selayaknya kita menggunakan semua secara bijak dan layak, agar bumi tetap hijau dengan cara gunakan energi listrik seperlunya, matikan lampu bila tidak diperlukan. Atau yang belum lama dijalankan adalah Aksi Switch Off selama 1 jam disekitar bundaran Hotel Indonesia pada pukul 20.30- 21.30 di hari Sabtu malam, 29 Maret 2014. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi.


Sumber : www.or.id 

facebook : WWF-Indonesia



Komentar